Teori Penerapan Beberapa Button saling Berdampingan di dalam Thunkable

Button adalah suatu komponen UI yang berbentuk tombol yang berfungsi utama untuk mengklik sesuatu yang berhubungan interaksi program aplikasi dengan sistem yang ada di smartphone Android pada event atau method tertentu. Di dalam aplikasi, pasti memiliki beberapa komponen button yang dirancang (didesain) baik bentuk button biasa, float button, label button (label klik dengan kustom seperti button), dan sebagainya. Misalkan, membuat beberapa button yang berhubungan dengan pengelolaan data seperti simpan data, edit data, tampilkan data, menghapus data, memindahkan data, dan sebagainya.
Biasanya beberapa button tersebut harus ditempatkan secara berdampingan dengan bantuan Layout atau GroupBox. Nah, penulis memfokuskan kepada penerapan beberapa button saling berdampingan dengan menggunakan bantuan Layout di dalam Thunkable. Ini juga bisa dijadikan referensi atau teori jika dibutuhkan, tetapi jangan lupa taruhkan sumber kami ya.
Disini ada 2 cara penerapan beberapa button saling berdampingan di dalam Thunkable.
1. Secara Vertikal
Untuk menerapkan beberapa button saling berdampingan secara vertikal, maka kamu menggunakan layout Vertical Arrangement atau Vertical Scroll Arrange (jika membuat scrolling). Kalau di Android Studio, namanya android:orientation="vertical". Contoh : Kamu membuat sebuah screen atau activity tentang tingkat kemampuan dalam menjalankan misi yang terdapat aplikasi Game (apapun genrenya) yang berisi beberapa button yang secara berdampingan dalam satu screen atau activity tersebut berdasarkan parameter tingkat kemampuan.
Tampilan Beberapa Button Berdampiangan secara Vertikal.
2. Secara Horizontal
Untuk menerapkan beberapa button saling berdampingan secara horizontal, maka kamu menggunakan layout Horizontal Arrangement atau Horizontal Scroll Arrange (jika membuat scrolling). Kalau di Android Studio, namanya android:orientation="horizontal". Contoh : Kamu membuat screen atau activity tentang pemilihan tampilan list buku elektronik (e-book) yang berdasarkan genre, pastinya ada beberapa button yang secara berdampingan dalam satu screen atau activity tersebut berdasarkan parameter genre.

Tampilan Beberapa Button Berdampiangan secara Horizontal.
Untuk menentukan jarak spasi antara satu button dengan button yang lain, maka kamu harus menggunakan bantuan Layout lagi dengan menggunakan Horizontal_Arragement atau Vertical_Arragement dalam menentukan ukuran (size) yang berdasarkan arahan. Apabila menerapkan beberapa button berdampingan secara vertikal, maka kamu menentukan ukuran jarak spasi tersebut melalui height. Sedangkan, menerapkan beberapa button berdampingan secara horizontal, maka kamu menentukan ukuran jarak spasi tersebut melalui width.

Sebenarnya, untuk penerapan beberapa button saling berdampingan di dalam Thunkable, memang tidak sebebas Android Studio yang dimana memiliki banyak jenis layout sehingga bisa menerapkan beberapa button saling berdampingan dengan bebas. Oleh karena itu, kamu pastikan memiliki rencana yang matang untuk penerapan beberapa button saling berdampingan dengan bantuan Layout, agar tidak memakan waktu yang lama, kecuali kamu memang jago menghitung di luar kepala, bisa menggunakan blok program untuk menerapkan beberapa button saling berdampingan dengan bantuan Layout sehingga lebih cepat selesai. Walaupun, penulis sendiri belum mencoba penerapan beberapa button saling berdampingan dengan blok program. Hehehe...

Kenapa penerapan beberapa button saling berdampingan menggunakan Thunkable (ini juga berlaku untuk App Inventor) itu tidak sebebas Android Studio?
Jawab : Karena Layout default yang diterapkan Thunkable yakni Linear Layout. Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan klik link ini.

Apa ada praktek dalam penerapan beberapa button saling berdampingan menggunakan Thunkable?
Jawab : Ada kok, ini dia beberapa tutorial / praktek dalam menerapkan beberapa button saling berdampingan yang ada link di bawah ini.
1. Cara Menerapkan Beberapa Button saling Berdampingan secara Horizontal.
2. Cara Menerapkan Beberapa Button saling Berdampingan secara Vertikal.

Sekian. Terima kasih...

0 Response to "Teori Penerapan Beberapa Button saling Berdampingan di dalam Thunkable"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel